Jumat, 08 Januari 2016

Ci Bolang

Pangalengan merupalan sebuah kecamatan yang terletak di sebelah selatan Kota Bandung, Jawa barat.  Terkenal akan beberapa objek pariwisata seperti pemandian air panas Cibolang, Situ cileunca, Malabar Gunung nini, Tempat peternakan rusa di Kertamanah. Selain sebagai objek wisata Pangalengan juga dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan dan perkebunan.

Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah pemandian air panas Cibolang yang terletak di Desa Wayang Windu. Pemandian air panasnya sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1985. Lalu lokasi ini dikembangkan menjadi lebih baik lagi pada tahun 1987 dengan menambahkan lagi kolam, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sejak tahun 1990 objek wisata inipun semakin lengkap untuk menambah kenyamanan pengunjung yang semakin bertambah setiap tahunnya.

Pemandian air panas cibolang terletak diketinggian sekitar 1450 M diatas permukaan laut ini memiliki suhu udara sekitar 23-25 derajat celcius. Luas Cibolang sendiri mencapai 2 Hektar. Kawasan Cibolang ini terdiri dari hutan tanaman (kaliandra dan pinus). Sementara sumber mata air panas yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit bersumber dari Gunung Windu. Lokasinya yang berdekatan dengan gunung Windu pemandian air panas ini benar-benar memanjakan mata kita, karena selain bisa menikmati hangatnya air kolam juga bisa sambil melihat pemandangan alamnya yang mempesona.

Pemandian air panas cibolang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari kota Bandung maupun dari luar kota badung. Kegiatan wisata harian yang bisa dilakukan di objek wiasata Cibolang ini yakni piknik, berenang, mandi air panas,”ngagogo, memancing atau bahkan tracking ke Kawah burung. Suasanya yang tenang dan nuansanya yang nyaman merupakan daya tarik utama objek wisata yang digemari pengunjung segala usia ini.

Selama perjalanan menuju cibolang ini kita akan disuguhi pemandangan maha indah yang merupakan gabungan dari perebunan teh yang sangat luas menghijau sejauh mata memandang dan hamparan pegunungan yang berdiri tegak sekaligus udara bersih dan sejuk. Juga dapat melihat kawah Gunung Windu.  Keindahan alamnya yamg masih perawan dan mempesona ini mampu membius siapapun yang menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata ini.

Rute menuju pemandian air panas cibolang ini jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati jalur kopo-soreang-setelah betemu bunderan soreang lalu belok kiri melewati rumah makan kampung sawah-setelah menemukan pertigaan kita belok kiri kemudian lurus sampai menemukan pertigaan yang kedua kemudian belok kanan menuju arah Pangalengan, dn lurus terus sampai masuk ke kota Pangalengan, disana kita akan menemukan bunderan besar maka kita bisa melihat plang petunjuk jalan untuk ke cibolang. Kita belok kiri, dari bundaran Pangalengan kurang lebih sekitar 30 menit kita akan sampai ke Cibolang. Jika sudah Sampai di gapura perkebunan teh malabar kita belok kiri kemudian lurus terus sampai menemukan papan petunjuk arah bertuliskan pemandian air panaas Cibolang, setelah itu kita belok kiri, kurang lebuh 1 Km masuk melewati jalanan yang masih berbatu-batu. sebelum masuk ke Cibolang disebelah kanan jalan kita akan menemukan kolam renan tirta camelia. Maka kita terus saja lurus dan akan menemukan gapura bertuliskan Cibolang.

Objek wisata air panas ini bisa dinikmati dengan biaya yang relatif murah. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp. 10.000/orang kita bisa mandi dan berendam di pemandian air panas ini.
Dibawah adalah tarif wana wisata cibolang :
1.      Perorangan Rp. 10.000,-
2.      Kendaraan motor Rp.2000,-
3.      Bus dan Truk Rp. 20.000,-
4.      Bak rendah Rp. 10.000,-

setelah masuk ke area wisata cibolang kita akan menemukan parkiran yang cukup luas. Jika membawa motor kita bisa memarkirkan motor di sebelah kiri pintu masuk.
Pemandian ini terdiri dari beberapa kolam yang semua air panasnya bersumber dari mata air d Gunung Windu. Setiap kolam memiliki suhu air yang berbeda-beda, luas dan kedalaman kolam juga bebeda-beda. Ada yang khusus dewasa, dewasa dan anak-anak ada juga yang khusus untuk anak-anak. Untuk koalm pertama yang dejat dengan pintu masuk jika kita berendam air seukuran leher pria dewasa dengan suhu bisa mencapai 40 derajat. Sedangkan kolam kedua yang termasuk kolam terluas dengan ketinggian air mencapai 80 cm saja seukuran dengan perut pria dewasa dengan suhu air mencapai 35 derajat. Dan kolam berendam yang ketiga merupakan kolam yang terkena biaya retribusi untuk masuk kedalamnya yaitu Rp. !0.000,- sekali masuk ini cocok untuk berendam anak-anak.
 Selain kolam renang, pemandian air panas cibolang ini menyediakan beberapa fasilitas diantaranya Musholla, kolam pancing, kolam ngagogo, kamar rendam air panas, shelter, bale kambang, MCK, kamr ganti, kios dagang, dan penyewaan peralatan renang dan peralatan pancing.