Sabtu, 09 Januari 2016

CURUG UNIK YANG EKSOTIS




Curug Ceret  terletak  di daerah Bandung selatan dekat PLTA Plengan yang dikelola oleh PT Indonesia Power. Curug ini tepatnya di kawasan PLTA di Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Curug ceret ini terbilang unik karena berada tepat di pinggir jalan. Saking dekatnya dengan jalan sehingga air yang jatuh selalu membasahi jalan sepanjang masa. Tak heran jika masyarakat setempat menyebutnya Curug Ceret (dalam bahasa indonesia ciprat).


Curug ceret mempunyai ketinggian sekitar 5 m dengan air yang bersumber dari mata air yang keluar dari celah-celah batu dan akar tanaman disekitar curug. Keindahannya akan semakin tampak terlihat saat pagi hari ketika air curugnya terkena sinar matahari sehingga akan membentuk pelangi-pelangi kecil disekitar curug tersebut. Suasana sekitar curug yang masih rimbun dengan pepohonan besar semakin terasa sejuk dan segar. Adapula curug yang lebih kecil yang jaraknya tak jauh dari curug ceret namanya curug dewa. Debet airnya pun lebih kecil dari curug ceret, airnya berasal dari situ cileunca yang mengalir melalui sungai palayangan.

Alamnya yang masih terlihat hijau serta bersih memang membuat pengunjung merasa betah untuk sekedar menikmati ciptaan Tuhan yang indah ini. Hanya saja pengelolaannya belum terlalu diperhatikan oleh pemerintah maupun warga setempat. Masih belum banyak pengunjung yang berdatangan ke Curug ini.

Akses jalnnya pun mudah meski curug ini berada di sekitar hutan Gunung Tilu. Kondisi  jalan menuju ke curug ceret pun baik, kita bisa mobil atau motor untuk menuju kesana.Warga setempat biasanya datang ke daerah ini setiap hari minggu sambil melepas lelah sehabis berolahraga lari pagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar