Sabtu, 09 Januari 2016

PUNCAK KEINDAHAN GUNUNG NINI

Destinasi wisata di Pangalengan ini begitu banyak sebenarnya. tidak hanya situ cileunca dan pemandian air panas cibolang. Pangalengan juga punya wahana yang cocok untuk berkemah, salah satunya yaitu Gunung Nini. Sebenarnya Gunung  Nini ini bukan nama sebuah gunung, melainkan bukit di perkebunan teh Malabar di Pangalengan.

Akses jalan ke Gunung Nini ini tidak beda jauh dari jalan ke Pemandian air panas Ci Bolang. Jika ke Pemandian air panas Ci Bolang dari pintu gerbang Malabar kita belok kiri, maka untuk menuju ke Gunung nini kita belok ke kanan. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan kebun teh yang hijau dan luas. Di perjalanan sebelum ke gunung nini kita akan dapati makam boscha yang berada disebelah kiri jalan. Tidak sampai setengah jam untuk sampai ke gunung nini dari gerbang Malabar. Setelah melewati makam boscha lalu kita maju terus sampai menemukan pertigaan kemudian kita belok kanan. Maju terus kemudian kita akan menemui jalan berbatu disebelah kiri. Itulah jalan menuju ke gunung nini. Perjalanan memang akan terasa melelahkan. Karena kondisi jalannya yang berbatu dan naik turun. Namun akan  dengan pesona alamnya dari puncak Gunung nini ini.

Menurut cerita warga setempat dahulunya gunung Nini ini merupakan tempat istirahat tuan Boscha, bila tuan berkeliling dan mengontrol perkebunan teh nya beliau sering bertemu dengan nini-nini( nenek) disana sedang beristirahat dengan cucunya. Betapa luas dan indah perkebunan teh Malabar ini, apalagi dilihat dari dari atas “saung” yang berada di ujung Gunung Nini. Selain berkemah kita bisa berfoto-foto atau sekedar makan bersama disana.